RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Satu
Materi
Pokok : Pengukuran
Alokasi
Waktu : 3 x 2 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan
optik
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1
Memahami hakikat fisika dan
prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
Indikator:
·
Menjelaskan penegertian besaran dan satuan
·
Menganalisis dimensi suatu besaran
·
Mendefinisikan angka penting dan
penerapannya
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah.
Indikator:
·
Melakukan pengukuran besaran-besaran pokok
panjang, massa, waktu dengan mempertimbangkan aspek ketepatan, kesalahan
matematis yang memerlukan kaliberasi dan ketelitian.
·
Mengolah dan menyajikan data hasil
pengukuran panjang, massa dan waktu
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba,
menalar dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
- Pertemuan
Pertama
·
Menjelaskan penegertian besaran dan satuan
·
Membandingkan besaran pokok dan besaran
turunan
·
Mendefinisikan angka penting dan
penerapannya
-
Pertemuan Kedua
·
Menganalisis dimensi suatu besaran
-
Pertemuan
Ketiga
·
Melakukan pengukuran besaran-besaran pokok
panjang, massa, waktu dengan mempertimbangkan aspek ketepatan, kesalahan
matematis yang memerlukan kaliberasi dan ketelitian.
·
Mengolah dan menyajikan data hasil
pengukuran panjang, massa dan waktu
D. Materi Pembelajaran
·
Besaran dan satuan
·
Angka penting
·
Ketidak pastian pengukuran
Konsep
· Pengertian
besaran dan satuan
· Besaran
pokok dan turunan
· Pengukuran
Prinsip
·
Angka penting
·
Satuan SI
Prosedur
· Pengukuran
panjang, massa dan waktu
E. Metode Pembelajaran
· Demonstrasi
· Eksperimen
· Diskusi
kelompok
· Tanya
jawab
F. Media, Alat dan
Sumber Belajar
·
Media :
cetak dan elektronik (internet)
· Alat : mistar,
jangka sorong, mikrometer skrup, neraca, stopwatch.
· Sumber
Belajar : LKS,
Buku Paket dan hands out
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Motivasi
dan apersepsi
-
Apakah kalian pernah melakukan
pengukuran? (contoh pengukuran)
-
Jika kalian
mengukur meja dengan hasil pengukuran 2 m. manakah dari hasil pengukuran
tersebut yang dinamakan besaran?
-
Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang
kita lakukan?
· Melakukan
tanya jawab untuk menggali pengetahuan siswa mengenai besaran dan satuan yang
sudah mereka pelajari waktu di SMP.
- Apakah yang
dimaksud dengan besaran pokok?
- Apakah yang dimaksud dengan besaran
Turunan?
- Apakah yang
dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta
didik mengamati guru yang melakukan pengukuran panjang papan tulis
· Guru menilai keterampilan peserta
didik mengamati
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) diminta untuk mendiskusikan tentang 7 besaran pokok dan satuannya beserta contoh2nya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang cara memperoleh
besaran turunan dari besaran pokok
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan
satuan Sistem Internasional (SI) dari 7
besaran pokok.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai
nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan
memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
l Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh
analisis dimensi dari besaran turunan.
l Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari
besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Guru menilai
sikap peserta didik dalam kerja kelompok, berkomunikasi lisan, merumuskan
kesimpulan, serta menilai kemampuan
peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah.
|
60 menit
|
Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Jenis/teknik penilaian dan instrumen/bentuk
penilaian
1. Penilaian
sikap
- observasi
kerja kelompok dengan bentuk instrumen
lembar observasi (terlampir).
2. Penilaian
pengetahuan
- tes
tertulis dengan bentuk uraian (terlampir).
- Tugas
Rumah (terlampir).
3. Penilaian
Kinerja
- Penilaian
kinerja dengan bentuk instrumen lembar observasi penilaian kinerja (terlampir).
Maluk,
Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala SMAKN 1 Maluk Guru
Matapelajaran
Agus Futrahadi, S.Pd Lalu
Gede Sudarman, S.Pd
NIP. 19770817 200212 1 010 NIP. 19860316 201001 1 009
Catatan
Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Instrumen
1.
Tes
Tulis
No.
|
Soal
dan Uraian Jawaban
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan:
a. Besaran B. satuan
Jawaban:
a.
Besaran adalah segala sesuatu yang
dapat diukur dan dapat dinayatakan dengan angka-angka.
b.
Ukuran pembanding yang telah
dipelajari terlebih dahulu.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Jelaskan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan!
jawaban
Besaran pokok adalah
besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan
dari besaran lain.
Besaran
turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan
dari besaran pokok.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Berikan 7 contoh besaran pokok dan 4 contoh besaran turunan! (sertakan
dengan satuan masing-masing)
Jawaban
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Tentukanlah satuan dari :
a.
Percepatan b. Gaya c. Tekanan
Jawaban
a. Percepatan
(a) b. Gaya (F) c. Tekanan (P)
a
= v/t F = m. a p = F/A
a
= m/s/s F =
kg. m/s2 p = kg. m/s2 /m2
a
= m/s2
p = kg/s2m
|
2.
Pekerjaan
Rumah (PR)
No
|
Soal dan jawaban
|
skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Berikan 7
contoh besaran pokok dan 4 contoh besaran turunan! (sertakan dengan satuan
masing-masing)
Jawaban
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Dengan menggunakan operasi perhitungan angka
penting, berapakah hasil dari:
a. 0,534 cm x 5,2 cm c.
15,04 cm : 2,5 cm
b. X = 25,102 + 1,5
Jawab:
a. 0,534 cm 3 angka penting
5,2 2 angka penting
________ x
2,7768 ditulismenjadi 2,8 cm2
karena hasilnya harus
memiliki 2 angka penting
b. 25,102
1,5
________ +
26,602 dengan
pembulatan diperoleh X = 26,6 (satu angka
taksiran)
c. 15,04 cm
2,5 cm
_________ :
6,016 maka hasilnya ditulis
dalam 2angka penting menjadi 6,0
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Tentukanlah satuan dari :
a. Percepatan b. Gaya c. Tekanan
Jawaban
a.
Percepatan (a) b. Gaya (F) c. Tekanan (P)
a = v/t F = m. a p = F/A
a = m/s/s F = kg. m/s2 p = kg. m/s2 /m2
a = m/s2
p = kg/s2m
|
No comments:
Post a Comment