Trianto (2007:135) memandang inkuiri sebagai suatu
proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atau memahami informasi.
Menurut Gulo (Trianto, 2007:137) inkuiri tidak hanya mengembangkan kemampuan
intelektual tetapi seluruh potensi yang ada, termasuk pengembangan emosional
dan keterampilan inkuiri merupakan suatu proses yang bermula dari merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan.
Monday, April 21, 2014
Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Menurut Trianto (2007: 101), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menekankan implementasinya pada aspek kinerja siswa sehingga fungsi dan peran guru hanya sebagai mediator-siswa dan lebih aktif untuk merumuskan fenomena dengan fokus kajian secara kontekstual.
Pengajaran dan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara dan tenaga kerja (Trianto, 2007: 101).
Sedangkan menurut Nurhadi (2004: 4), pendekatan kontekstual merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
Subscribe to:
Posts (Atom)