TEMPAT BERBAGI HAL-HAL YANG BERMANFAAT

Thursday, July 1, 2021

Artikel Refleksi Aksi Nyata Modul 3.3

Pelatihan TIK bagi siswa-siswi SMAN 2 Masbagik dan SMKN 1 Masbagik 

oleh: 
Lalu Gede Sudarman S.Pd CGP Lotim 4

A.   Latar Belakang

          Setelah selesai mengikuti penilaian akhir semester biasanya siswa-siswi dikoordinasi oleh pengurus OSIS melaksanakan kegiatan class meeting yang diisi dengan lomba-lomba di bidang olahraga. Namun untuk sekarang ini karena masih dalam masa pandemi, maka kegiatan-kegitan olahraga di sekolah masih dilarang untuk dilaksanakan terutama kegiatan olahraga yang menggunakan satu peralatan yang dipakai bersama. Maka untuk mengisi waktu sambil menunggu pembagian raport maka dilaksanakanlah suatu kegiatan pelatihan IT untuk siswa- siswi SMAN 2 Masbagik dan SMKN 1 Masbagik.

        Pelatihan IT ini bertujuan agar kedepannya pelaksanaan pembelajaran terutama jika pembelajaran dilaksanakan dengan system daring kembali maka proses pembelajaran bisa berjalan lebih baik lagi. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa dimasa pandemi ini proses pembelajaran tatap muka kapan saja bisa dihentikan diganti dengan pembelajaran daring jika terjadi kasus COVID di sekolah atau adanya peningkatan kasus COVID di daerah. 

            Kegiatan Pelatihan IT ini dilaksanakan selama 2 hari dengan pesertanya berasal dari perwakilan masing-masing kelas sebanyak 2 orang yang nantinya 2 orang tersebut yang akan melakukan pengimbasan ke teman-teman kelasnya yang lain. Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah di Laboraturium TIK SMAN 2 Masbagik. Laboraturium tersebut sudah tersedia 30 PC al in one dan semuanya sudah terhubung ke jaringan internet sehingga siswa-dan siswi tidak kesulitan untuk langsung mempraktekkan apa yang disampaikan oleh pemateri.

Pelatihan IT ini difokuskan pada pelatihan media-media yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran daring seperti zoom, google meet, google doc dan laboraturium virtual. Siswa diajarkan bagaimana mengaktifkan akun belajar, membuat dan mengikuti Virtual meeting baik di zoom dan google meet, siswa diajarkan bagaimana cara membuat google doc serta membagikannya ketemannya sehingga kedepannya siswa bisa bekerjasama mengerjakan tugas tanpa harus berkumpul cukup dengan menggunakan google doc. Selain itu siswa juga diajarkan bagaimana melakukan kegiatan praktikum di sekolah atau dari rumah menggunaakan Laboraturium virtual.

B.   Perasaan

            Perasaan yang muncul di dalam diri penulis saat akan melaksanakan aksinyata ini adalah khawatir kalau aksinyata ini tidak bisa berjalan dengan baik karena berbarengan dengan banyaknya tugas sekolah yang sedang dikerjakan yakni Pengisian nilai rapor, PPDB dan Pendataan Aset Milik daerha di sekolah, tetapi Alhamdulillah berkat bantuan dari rekan-rekan guru disekolah aksinyata ini bisa berjalan dengan lancar. Perasaan saya pada waktu melakukan aksi nyata ini adalah merasa sangat senang dan bersyukur sekali karena bisa berbagi apa yang sudah kita kuasai kemurid-murid. Selain itu juga perasaan senang timbul karena murid-murid terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan, mereka terlihat sangat senang ketika berhasil mempraktekkan apa yang disampaikan pemateri. Siswa terlihat sangat antusias berdiskusi satu sama lain dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan selama pelatihan.

C.   Pembelajaran

           Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan aksinyata ini adalah mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam hal pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman siswa dalam penggunaan TIK untuk proses belajar terutama jika nanti pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga kedepannya pembelajaran bisa dilaksankan dengan lebih efektif.

D.   Penerapan ke Depan (Future)

Setelah melaksanakan aksinyata ini, maka ada beberapa rencana perbaikan yang akan dilakukan kedepannya:

1.    Memberikan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan TIK terutama untuk pembelajaran kepada guru-guru di sekolah karena berdasarkan hasil diskusi dengan siswa  masih ada beberapa guru belum maksimal memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring masih ada guru yang  hanya memberikan siswa tugas berupa mencatat buku dan juga hanya menggunakan Whatsapp sehingga semangat/motivasi siswa dalam belajar secara daring masih kurang.

2.    Mengusahakan agar pada saat pengenalan lingkungan sekolah siswa kelas X diberikan pembekalan mengenai pemanfaatan TIK untuk pembelajaran sehingga ketika sudah memasuki hari efektif untuk pembelajaran siswa sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi waktu daring.

 

Video Kegiatan: