TEMPAT BERBAGI HAL-HAL YANG BERMANFAAT

Monday, September 29, 2014

RPP FISIKA KURIKULUM 2013 PERTEMUAN PERTAMA MATERI PENGUKURAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran        : Fisika
Kelas/Semester       : X/Satu       
Materi Pokok           : Pengukuran
Alokasi Waktu         : 3 x 2 JP

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolahmenalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1   Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
Indikator:
·         Menjelaskan penegertian besaran dan satuan
·         Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan
·         Menganalisis dimensi suatu besaran
·         Mendefinisikan angka penting dan penerapannya
4.1   Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
Indikator:
·         Melakukan pengukuran besaran-besaran pokok panjang, massa, waktu dengan mempertimbangkan aspek ketepatan, kesalahan matematis yang memerlukan kaliberasi dan ketelitian.
·         Mengolah dan menyajikan data hasil pengukuran panjang, massa dan waktu

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
-      Pertemuan Pertama
·         Menjelaskan penegertian besaran dan satuan
·         Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan
·         Mendefinisikan angka penting dan penerapannya
-       Pertemuan Kedua
·         Menganalisis dimensi suatu besaran
-       Pertemuan Ketiga
·         Melakukan pengukuran besaran-besaran pokok panjang, massa, waktu dengan mempertimbangkan aspek ketepatan, kesalahan matematis yang memerlukan kaliberasi dan ketelitian.
·         Mengolah dan menyajikan data hasil pengukuran panjang, massa dan waktu
D. Materi Pembelajaran
·       Besaran dan satuan
·       Angka penting
·       Ketidak pastian pengukuran

Konsep
·       Pengertian besaran dan satuan
·       Besaran pokok dan turunan
·       Pengukuran

Prinsip
·       Angka penting
·       Satuan SI

Prosedur
·       Pengukuran panjang, massa dan waktu
E. Metode Pembelajaran
·       Demonstrasi
·       Eksperimen
·       Diskusi kelompok
·       Tanya jawab

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
·       Media                     : cetak dan elektronik (internet)
·       Alat              : mistar, jangka sorong, mikrometer skrup, neraca, stopwatch.
·  Sumber Belajar  : LKS, Buku Paket  dan hands out
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  Pertama

Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·     Motivasi dan apersepsi
-      Apakah kalian pernah melakukan pengukuran? (contoh pengukuran)
-      Jika kalian mengukur meja dengan hasil pengukuran 2 m. manakah dari hasil pengukuran tersebut yang dinamakan besaran?
-       Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
·     Melakukan tanya jawab untuk menggali pengetahuan siswa mengenai besaran dan satuan yang sudah mereka pelajari waktu di SMP.
-  Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
     -  Apakah yang dimaksud dengan besaran Turunan?
     -  Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·     Peserta didik mengamati guru yang melakukan pengukuran panjang papan tulis
·     Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) diminta untuk mendiskusikan tentang 7 besaran pokok dan satuannya beserta contoh2nya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang cara memperoleh besaran turunan dari besaran pokok
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari 7 besaran pokok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
l  Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·     Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok, berkomunikasi lisan, merumuskan kesimpulan,  serta menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah.
60 menit
Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

15 menit

H. Penilaian
Jenis/teknik penilaian dan instrumen/bentuk penilaian
1.    Penilaian sikap
-      observasi kerja kelompok dengan bentuk  instrumen lembar observasi (terlampir).
2.    Penilaian pengetahuan
-      tes tertulis dengan bentuk  uraian (terlampir). 
-      Tugas Rumah (terlampir). 
3.    Penilaian Kinerja
-      Penilaian kinerja dengan bentuk instrumen lembar observasi penilaian kinerja (terlampir). 

                                                          Maluk, Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala SMAKN 1 Maluk                                           Guru Matapelajaran


Agus Futrahadi, S.Pd                                               Lalu Gede Sudarman, S.Pd
NIP. 19770817 200212 1 010                                  NIP. 19860316 201001 1 009



Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Instrumen
1.   Tes Tulis
No.
Soal dan Uraian Jawaban
Skor
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a.    Besaran                       B. satuan
Jawaban:
a.    Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinayatakan dengan angka-angka.
b.    Ukuran pembanding yang telah dipelajari terlebih dahulu.

2
Jelaskan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan!
jawaban
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain.
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.

3.
Berikan 7 contoh besaran pokok dan 4 contoh besaran turunan! (sertakan dengan satuan masing-masing)
Jawaban
No.
Besaran pokok
Satuan SI
Singkatan
     1.
Panjang
Meter
M
2.
Massa
Kilogram
Kg
3.
Waktu
Sekon
S
4.
Suhu
Kelvin
K
     5.
Kuat arus
Ampere
A
6.
Jumlah molekul
Mole
Mol
7.
Intensitas cahaya
Candela
Cd

No.
Besaran turunan
Besaran pokok
Satuan
1
Luas
panjang x lebar
      m2
2
Volume
panjang x lebar x tinggi
m3
3
Kecepatan
Jarak / waktu
m/s
4
Massa jenis
Massa / panjang x lebar x tinggi
Kg/m3

4.
Tentukanlah  satuan dari :
a.   Percepatan         b. Gaya           c. Tekanan

Jawaban
a.   Percepatan (a)              b. Gaya (F)                 c. Tekanan (P)
a = v/t                              F = m. a                 p = F/A
a = m/s/s                          F = kg. m/s2            p = kg. m/s2 /m2               
a = m/s2                                                                                      p = kg/s2m



2.   Pekerjaan Rumah (PR)
No
Soal dan jawaban
skor
1
Berikan 7 contoh besaran pokok dan 4 contoh besaran turunan! (sertakan dengan satuan masing-masing)
Jawaban
No.
Besaran pokok
Satuan SI
Singkatan
     1.
Panjang
Meter
M
2.
Massa
Kilogram
Kg
3.
Waktu
Sekon
S
4.
Suhu
Kelvin
K
     5.
Kuat arus
Ampere
A
6.
Jumlah molekul
Mole
Mol
7.
Intensitas cahaya
Candela
Cd



2
Dengan menggunakan operasi perhitungan angka penting, berapakah hasil dari:
a.    0,534 cm x 5,2 cm            c. 15,04 cm : 2,5 cm
b.    X = 25,102  + 1,5
Jawab:
a.    0,534 cm                 3 angka penting
5,2                          2  angka penting
________ x
2,7768                    ditulismenjadi 2,8 cm2 karena hasilnya harus
                              memiliki 2 angka penting

b.    25,102                    
  1,5                      
________ +
26,602           dengan pembulatan diperoleh X = 26,6  (satu angka
                     taksiran)

c.    15,04 cm
           2,5 cm
_________ :
6,016         maka hasilnya ditulis dalam 2angka penting menjadi 6,0


3
Tentukanlah  satuan dari :
a.   Percepatan         b. Gaya           c. Tekanan

Jawaban
a.    Percepatan (a)              b. Gaya (F)                 c. Tekanan (P)
a = v/t                              F = m. a                 p = F/A
a = m/s/s                          F = kg. m/s2            p = kg. m/s2 /m2               
          a = m/s2                                                                                     p = kg/s2m



No comments: